Kamis, 31 Oktober 2019

Big Bos

Wagubsu Hadiri Pelantikan DPD ASITA SUMUT dan Seminar Nasional didukung BPODT


Medan - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (Asita) Sumatra Utara (Sumut) Solahuddin Nasution kembali terpilih untuk periode 2018-2023.
Solahudin menekankan bagaimana para pelaku usaha travel harus tetap optimis di tengah gempuran travel agen online.

"Keberadaan Asita saat ini memang terusik dengan keberadaan travel agen online. Namun begitupun, Kami harus optimis usaha yang dijalankan ini tidak akan padam. Karena itu, kami akan segera melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan pertumbuhan usaha travel agen," katanya, usai dilantik oleh DPP Asita, di Hotel JW Marriott Medan, Kamis (31/10/2019).

‎Solahuddin mengatakan, seharusnya pelantikan kepengurusan baru Asita Sumut sudah dilakukan sejak tahun lalu. Tapi karena berbagai kendala dan kesibukan serta menunggu hasil musyawarah nasional (Munas) Asita Pusat, baru bisa dilakukan pada Oktober 2019.

Solahuddin mengatakan, bisnis biro perjalanan wisata sebenarnya masih sangat menjanjikan. Hanya saja, terus tergerus karena sistem online yang semakin mudah mengambil pasar dari biro perjalanan. "Tentu banyak biro perjalanan yang marah dengan kondisi ini. Tapi kita melihat itu tidak menyurutkan niat kawan-kawan anggota Asita Sumut untuk hadir pada pelantikan ini. Tentu diharapkan Asita Sumut bisa menghadapi masalah ini dan mengambil Kembali pangsa pasar yang sudah hilang," katanya.

Terkait perkembangan teknologi di era digital Revolusi Industri 4.0, Solahuddin mengatakan pihaknya siap untuk menghadapinya dan bersaing dengan travel agen online yang ada saat ini. Karena pihaknya sudah mempersiapkan terobosan untuk mengembangkan usaha disektor pariwisata.

"Era digitalisasi yang disebut dengan industri 4.0, memang tidak bisa kita hindari. Karena itu, kami akan rapat kerja untuk membahas hal-hal apa yang harus kami lakukan menghadapi era digitalisasi," katanya.

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, mengucapkan selamat atas kepengurusan baru DPD Asita Sumut. Ijeck, sapaan akran Wakil Gubernur Sumut, berharap Asita dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) untuk ‎memajukan pariwisata di Sumut.

"Kita memang saat ini sedang giat-giatnya untuk membangkitkan destinasi destinasi pariwisata Sumut. Tentu diharapkan Asita bisa berkolaborasi dengan Pemprovsu," katanya.

Direktur BPODT Arie Prasetyo menyampaikan bahwa wisatawan yang paling banyak ke Sumatera Utara dari Malaysia, disusul Singapura dan Cina. Sumber daya manusia juga menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pariwisata, jangan sampai nanti nya warga negara asing yang menjadi pengelola hotel2 di danau Toba, ujarnya.(Pohan)

Big Bos

About Big Bos

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :